Senin, 18 Februari 2019

pemanfaatan sumber panas bumi di daerah sulawesi utara


Assalamualaikum wr wb.
Om swastyatu,
Selamat beraktivitas

       Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang pemanfatan geothermal di Indonesia lebih tepatnya di daerah Gorontalo.
              Gorontalo adalah salah satu daerah yang berada di lengan Sulawesi. Pada daerah ini sangat banyak memanfaat sumber daya alam salah satu contohnya yaitu pemandian air panas. Pemandian air panas ini bias terjadi akibat adanya panas bumi yang berasal dari dalam bumi, entah dari sisa-sisa magma maupun gunung api yang masih aktif.
              Kali ini adalah daerah tomohon Sulawesi utara. Energy yang dinilai terbarukan dan ramah lingkungan ini di perkirakan dapat mengantisipasi permasalahan listrik yang ada di Sulawesi utara. Energy panas bumi di daerah Sulawesi utara sudah dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dimana energy ini adalah energy yang paling ideal dan paling murah serta akan di manfaatkan secara berkelanjutan. Selain menjadi sumber pembangkit listrik, energy panas bumi di daerah ini dimanfaatkan juga untuk budidaya spesies air, serta pemanfaatan di bidang pertanian dengan konsep greenhouse heating. Energy panas bumi ini juga dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan penelitian serta obyek wisata panas bumi.
            

  Festival panas bumi merupakan side event tomohon internasional flower festival 2016. Tahun ini menjadi kali kedua pelaksanaan festival tersebut setelah setahun silam. Terselenggarakannya festival ini menjadi salah satu kegiatan yang menjadi contoh pemanfaatan panas bumi.  Pemerintah setempat berharap agar pemanfaatan energy panas bumi ini bisa terus berlanjut, serta dapat dijadikan sebagai bahan penelitian atau pengembangan di daerah Sulawesi utara ini.

Sekian informasi yang dapat admin berikan pada artikel kali ini,
Assalamualaikum Wr Wb.
Om shanti,shanti,shanti Om.
Don’t forget like and coment
Thank you.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar