Rabu, 20 Februari 2019

DATA LETUSAN GUNUNG API DUKONO DAN TAMBORA


Hallo guys
Assalamualaikum Wr Wb
Om swastyastu
Selamat malam

Pada kesempatan kali ini,admin akan membahas tentang jenis letusan dan material letusan yang pernah terjadi pada gunung api tambora dan dukono.
1.     GUNUNG API TAMBORA
Gunung api tambura adalah salah satu gunung api aktiv diindonesia. Gunung api tambora adalah  sebuah  stratovolcano  aktif yang terletak di pulau SumbawaIndonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima (bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara), Provinsi Nusa Tenggara Barat,lebih tepatnya pada 8°15' LS dan 118° BT. Pada tahun 1815, letusan besar pernah terjadi pada gunung api ini. Letusan pada saat itu berjenis plinian. Material yang dikeluarkan adalah endapan lava dan material piroklastik. Akibat dari letusan ini, beberapa daerah mengalami perubahan iklim yang sangat drastis.

2.     GUNUNG API DUKONO
Gunung api dukono adalah gunung api yang terletak di utara pulau Halmahera. Puncak G. Dukono dapat dicapai dari Kota Ternate dengan menggunakan perahu cepat ke Sopipi dengan waktu 45 menit, kemudian dilanjutkan dengan kendaraan roda empat menuju Desa Mamuya dengan waktu 4 jam. Kendaraan roda empat dapat diteruskan hingga pemberhentian terakhir. Pendakian dilanjutkan dengan jalan kaki ke arah selatan dan memerlukan waktu 7 jam untuk sampai ke puncak G. Dukono. Gunung api dukono adalah salah satu gunung api aktiv diindonesia tetapi dengan letusan yang tergolong kecil. Letusan gunung api dukono dapat di klasifikasikan kedalam jenis Stromboli dengan material berupa abu, lontaran batu pijar, aliran piroklastika, dan aliran lava. Titik koordinat dari gunung api ini adalah  1º 47' 40,32" LU dan 127º 53' 42,420" BT.

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini,
Assalamualaikum Wr Wb
Om shanti shanti shanti om
Selamat malam
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar